Last modified: 2017-10-25
Abstract
Abstrak - Bahan ajar berbasis literasi sains merupakan bahan ajar yang disusun secara sistematis dengan dilengkapi petunjuk penggunaan bahan ajar yang dapat membantu belajar peserta didik secara mandiri dengan diimbangi dan disertai empat aspek yaitu, sains sebagai pengetahuan, sains sebagai cara untuk menyelidiki, sains cara berfikir, dan sains teknologi serta masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis literasi sains bertema lingkungan terhadap pemahaman konsep siswa. Desain eksperimen yang digunakan adalah quasi experimental design berbentuk non-equivalent control group design. Berdasarkan analisis data akhir perhitungan uji t satu pihak diperoleh >, yaitu 6,239 > 2,028. Hal ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis literasi sains mempunyai pengaruh terhadap pemahaman konsep siswa pada tema lingkungan.
Kata Kunci : Bahan Ajar, Literasi Sains, Lingkungan, Pemahaman Konsep.