Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL SAINS DAN ENTREPRENEURSHIP IV TAHUN 2017

Font Size: 
Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains terhadap Pemahaman Konsep pada Materi Pencemaran Lingkungan
Evi Rusmiyati, Ernawati Saptaningrum, Duwi Nuvitalia

Last modified: 2017-10-25

Abstract


Abstrak - Bahan ajar berbasis literasi sains merupakan bahan ajar yang disusun secara sistematis dengan dilengkapi petunjuk  penggunaan bahan ajar yang dapat membantu belajar peserta didik secara mandiri dengan diimbangi  dan disertai empat aspek yaitu, sains sebagai pengetahuan, sains sebagai cara untuk menyelidiki, sains  cara berfikir, dan sains teknologi serta masyarakat. Penelitian  ini  bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis literasi sains bertema lingkungan terhadap pemahaman konsep siswa. Desain eksperimen yang digunakan adalah quasi experimental design berbentuk non-equivalent control group design. Berdasarkan analisis data akhir perhitungan uji t satu pihak diperoleh >, yaitu 6,239 > 2,028. Hal ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis literasi sains mempunyai pengaruh terhadap pemahaman konsep siswa pada tema lingkungan.

 

Kata Kunci : Bahan Ajar, Literasi Sains, Lingkungan, Pemahaman Konsep.


Full Text: PDF