Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL SAINS DAN ENTREPRENEURSHIP IV TAHUN 2017

Font Size: 
Efektivitas Pendekatan Bioentrepreneurship terhadap Kreativitas Produk Siswa pada Materi Limbah Daur Ulang melalui Lesson Study Berorientasi Learning Community
Vira Agustin Sintaresmi, Eko Retno Mulyaningrum

Last modified: 2017-10-25

Abstract


Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan bioentrepreneurship terhadap kreativitas produk siswa melalui lesson study berorientasi learning community. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 3 Demak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif atau disebut dengan mix-method. Subjek penelitian yaitu kelas X MIA 3 sebagai kelompok kontrol dan X MIA 4 sebagai kelompok eksperimen. Instrumen pengambilan data terdiri dari lembar observasi kreativitas produk dan lembar keterlaksanaan pembelajaran berdasarkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Lembar observasi keterlaksanaan tersebut dimodifikasi dari APKG (Alat Penilaian Kompetensi Guru). Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan bioentrepreneurship melalui lesson study berorientasi learning community efektif terhadap kreativitas produk siswa.  Hal ini menunjukkan bahwa secara klasikal, kelas kontrol memperoleh rata-rata nilai 64,4 yang memiliki kriteria “Cukup Kreatif” sedangkan kelas eksperimen memperoleh rata-rata nilai sebesar 80 yaitu ada pada kriteria “Sangat Kreatif”. Keterlaksanaan pembelajaran pada kelas kontrol diperoleh persentase rata-rata siklus 1 sebesar 85,9% sedangkan pada siklus 2 sebesar 100%. Selanjutnya keterlaksanaan pembelajaran di kelas eksperimen pada siklus 1 diperoleh persentase rata-rata sebesar 94,2% dan di siklus 2 sebesar 100% Artinya, di setiap pembelajaran yang dilakukan guru baik di kelas eksperimen maupun di kelas kontrol selalu meningkat dari siklus 1 ke siklus 2.

Kata kunci: Bioentrepreneurship, Kreativitas, LSLC

Full Text: PDF