Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL SAINS DAN ENTREPRENEURSHIP IV TAHUN 2017

Font Size: 
Beban Kognitif pada Pembelajaran IPA Terpadu: Kajian Teoritis
Irvan Permana, Harry Firman

Last modified: 2017-10-25

Abstract


Abstrak - Artikel ini membahas mengenai beban kognitif  pada pembelajaran IPA Terpadu. IPA terpadu merupakan pengintegrasian dari konten Biologi, Fisika, Kimia, dan IPBA. Dengan latar belakang pendidikan guru IPA dan calon guru IPA yang berbeda maka akan berpotensi memiliki beban kognitif yang tinggi karena dituntut harus menguasai semua materi IPA Terpadu. Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai beban kognitif yang dimiliki oleh guru IPA dan calon guru IPA dalam membelajarkan IPA Terpadu. Metode yang digunakan dalam artikel ini yaitu studi pustaka yang meliputi analisis hasil penelitian dan kajian teoritis. Di dalam artikel ini  didiskusikan mengenai hasil-hasil penelitian tentang dampak pembelajaran terintegrasi, strategi pengintegrasikan konten dengan pedagogi, strategi-strategi menurunkan beban kognitif , dan pola-pola pengintegrasian IPA Terpadu yang dikemukakan oleh beberapa ahli. Hasil dari studi pustaka berupa sintesis beban kognitif guru IPA dan calon guru IPA dalam membelajarkan IPA Terpadu.

 

Kata kunci: beban kognitif, Pembelajaran IPA Terpadu, guru IPA, calon guru IPA

Full Text: PDF