Last modified: 2017-10-25
Abstract
Abstrak – Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi dan wawancara dari guru biologi SMP Pawyatan Daha 2 Kediri bahwa kelas VII-C memerlukan penanganan khusus dan nilai biologi pada kelas tersebut masih banyak di bawah nilai KKM, hal ini juga diperkuat dari hasil angket yang telah diberikan kepada siswa bahwa materi yang dianggap paling sulit adalah materi organisasi kehidupan, hasil observasi ketika pembelajaran berlangsung siswa banyak yang ramai hal ini dikarenakan siswa banyak yang malas untuk mengerjakan tugas yang diberikan. Akibatnya siswa kurang termotivasi untuk belajar dan hasil belajar siswa juga rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis and Mc. Taggart berbasis Lesson Study yang terdiri dari 2 siklus. Didapatkan hasil penelitian yang telah dilakukan Motivasi belajar siswa pada siklus 1 kategori ST siklus 1 sejumlah 2 siswa menjadi 4 siswa, Siklus 1 kategori T sejumlah 3 siswa menjadi 13 siswa, kategori S sejumah 12 siswa menjadi 4 siswa, kategori R dan SR tidak ada (0). Hal tersebut berpengaruh pada motivasi belajar siswa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 sejumlah 60,47 dan siklus 2 meningkat menjadi 76,67 hasil tersebut meningkat dari nilai KKM yang telah ditentukan sebesar 65. Dengan penerapan strategi pembelajaran inkuiri berbasis Lesson study dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas VII-C SMP Pawyatan Daha 2 Kediri
Kata kunci : Strategi pembelajaran inkuiri, motivasi belajar, hasil belajar