Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2017

Font Size: 
PENGARUH SELF-CONFIDENCE TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII
Ayu Setyaningrum, Lilik Ariyanto, Sutrisno Sutrisno

Last modified: 2017-09-28

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah self-confidence mempengaruhi kemampuan penalaran matematis siswa. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Pengambilan sampel dengan teknik Cluster Random Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Pecangaan. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil posttest kemampuan penalaran matematis dan angket self-confidence siswa. Kesimpulan dari hasil pengolahan data tersebut adalah self-confidence mempengaruhi kemampuan penalaran siswa. Self-confidence dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dari aspek afektif dalam mengukur kemampuan penalaran matematis siswa khususnya pada materi segiempat karena self-confidence mempengaruhi kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII.

 

Kata kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Penalaran Matematis, Self-confidence.


Full Text: PDF