Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2017

Font Size: 
EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MOBILE LEARNING DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR SISWA SMA
Novita Ayu Istiqomah, Rasiman Rasiman, Noviana Dini Rahmawati

Last modified: 2017-09-28

Abstract


Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru matematika yang mengajar di SMA Negeri 1 Purwodadi, menyatakan bahwa pembelajaran matematika disekolah tersebut masih menggunakan metode konvensional dengan didominasi oleh guru sebagai sumber belajar. Akibatnya sebagian besar siswa kurang memahami konsep materi yang diajarkan sehingga menimbulkan rendahnya prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model discovery learning berbantuan mobile learning ditinjau dari prestasi belajar siswa SMA. Sampel diambil dari siswa SMA Negeri 1 Purwodadi kelas X MIPA 2 dan kelas X MIPA 5 semester genap tahun ajaran 2016/2017. Dalam penelitian ini, menerapkan pembelajaran menggunakan model discovery learning berbantuan mobile learning pada kelas eksperimen dan model konvensional pada kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, metode dokumentasi, dan metode tes. Data yang diambil adalah hasil pengukuran prestasi belajar siswa yang berupa hasil belajar kognitif. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang telah dilakukan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 78,2917 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 74,3913  Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning berbantuan mobile learning dan worksheet ditinjau dari prestasi belajar siswa dikatakan efektif.

Kata Kunci: efektivitas, mobile learning, worksheet.


Full Text: PDF