Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2017

Font Size: 
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG BERBASIS STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP
Felani Dianjani, Ika Krisdiana, Sanusi Sanusi

Last modified: 2017-09-15

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan LKS yang telah dikembangkan. Berdasarkan observasi di SMP Negeri 11 Madiun untuk Kelas VIII Kurikulum yang berlaku adalah KTSP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D pada pengembangan LKS Berbasis Strategi Pembelajaran Inquiry. Metode Penelitian pengembangan yang dilakukan yaitu menerapkan model pengembangan dari Thiagarajan pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, and desiminate yang diadaptasi oleh peneliti menjadi model pengembangan 3-P yaitu define, design and develop. Dalam pencapaian tujuan penelitian dilakukan proses validasi LKS, Angket Respon Siswa dan soal Tes Hasil Belajar melalui penilaian dari 3 validator ahli yaitu dosen matematika, guru matematika, dan guru bahasa indosensia. Pelaksanaan penelitian terbagi menjadi 3 kelas. Kelas VIII F sebanyak 30 siswa untuk menguji validitas butir soal tes hasil belajar. Kelas VIII E sebanyak 6 siswa untuk pelaksanaan uji coba terbatas. Kelas VIII G sebanyak 31 siswa untuk pelaksanaan uji lapangan. Hasil pelaksanaan penelitian pada uji validitas 30 butir soal diperoleh 6 soal invalid karena tidak memenuhi nilai r product moment dengan keterangan banyak siswa 30 dan taraf siginifikan 5% = 0,361. Peneliti menggunakan 20 soal yang valid agar mampu mencapai nilai maksimal 100 yang bertujuan untuk digunakan uji coba terbatas dan uji lapangan. Hasil pengembangan yang diperoleh valid dengan presentase sebanyak 91,07%, kepraktisan diperoleh presentase sebanyak 81,25% pada uji coba terbatas dan 81,37% pada uji lapangan dan keefektifan yang dilihat dari prestasi belajar matematika siswa diperoleh sebanyak 85,83% pada uji coba terbatas dan 86% pada uji lapanganKata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Strategi Pembelajaran Inquiry, Prestasi Belajar.

Full Text: PDF