Seminar Universitas PGRI Semarang, “Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Profesionalitas Pendidik di Perguruan Tinggi dan sekolah”

Font Size: 
MERETAS JALAN MENUJU PROFESIONALITAS GURU IPS MELALUI LESSON STUDY
Iin Purnamasari

Last modified: 2012-10-10

Abstract


Pengembangan profesionalitas guru diarahkan untuk penguatan kompetensi berdasarkan standar kompetensi guru, (pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional), termasuk di dalamnya adalah guru IPS. Berbagai permasalahan dalam pembelajaran IPS yang mampu dianalisis oleh guru dalam pembelajarannya diharapkan dapat ditangani secara ilmiah dan kolaboratif dengan prinsip kolegalitas. Salah satu cara yang dapat ditempuh sebagai upaya pengembangan profesionalitas guru tersebut adalah dengan dilaksanakannya lesson study.

Melalui lesson study guru secara kolaboratif berupaya menerjemahkan tujuan dan standar pendidikan ke alam nyata di dalam kelas. Guru berupaya merancang pembelajaran sedemikian rupa sehingga siswa dapat dibantu menemukan tujuan pembelajaran. Berbagai strategi dalam pembelajaran akan diputuskan secara bersama-sama dengan senantiasa memperhatikan situasi dan kondisi serta permasalahan yang dihadapi guru dan siswa.

Lesson study juga akan memberikan dampak bagi siswa untuk belajar mengembangkan kebiasaan berpikir ilmiah atau belajar mengembangkan salah satu kecakapan hidup akademik. Bagi guru selanjutnya dapat dilakukan perbaikan pembelajaran berdasarkan data yaitu secara cermat mengamati siswa dan mengumpulkan data untuk mencari jawaban-jawaban dengan memperhatikan motivasi dan iklim sosial berupa faktor-faktor penunjang bagi kesuksesan akademik siswa.

 

Kata Kunci : Profesionalitas guru,  Lesson study