Last modified: 2015-03-31
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA dan guru tidak menggunakan model pembelajaran dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berbasis lingkungan terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Sukolilo 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuantitatif. Desain penelitian ini adalah one group pretest-posttest design.Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN Sukolilo 01 yang berjumlah 39 siswa.Pada uji t minat diperoleh hasil thitung sebesar = 29,12 selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 0,05 dengan db N-1 = 39-1 = 38 yaitu sebesar 2,024, maka thitung> t tabel. Dengan demikian koefisien t hitung sebesar 29,12 adalah signifikan pada taraf signifikan 0,05. Atas dasar perhitungan tersebut makan pembelajaran berbasis lingkungan berpengaruh terhadap minat belajar pada pembelajaran mata pelajaran IPA pada kelas IV SDN Sukolilo 01. Pada uji t hasil belajar diperoleh hasil thitung sebesar = 23,08 selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikansi 0,05 dengan db N-1 = 39-1 = 38 yaitu sebesar 2,024, maka thitung> t tabel. Dengan demikian koefisien thitung sebesar 23,08 adalah signifikan pada taraf signifikan 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh pembelajaran berbasis lingkunganterhadap minat dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Sukolilo 01.
Kata Kunci: Pembelajaran berbasis lingkungan, Minat belajar, Hasil belajar IPA