Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2016

Font Size: 
PENGEMBANGAN ENTREPRENEURSHIP GURU SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBUATAN WAYANG PEKERJAAN
Anjar Nur Budi Arti, Mudzanatun Mudzanatun, Ferina Agustini

Last modified: 2016-10-03

Abstract


Guru tidak hanya dituntut untuk bisa mengajarkan ilmu pengetahuan kepada siswa tetapi guru juga harus mempunyai keterampilan, di bidang kewiarusahaan. Guru dituntut untuk bisa berwirausaha di dunia pendidikan, misalnya mengembangkan media pembelajaran yang kemudian dipasarkan. Kewirausahaan dapat dijarkan melalui pendidikan dan pelatihan. Wirausahaan adalah seseorang yang mengembangkan produk baru atau ide baru dalam hal ini menuntut kreativitas, berani mengambil resiko, percaya diri kerja keras. Kunci berwiarausaha yaitu, produk unik, memiliki strategi pemasaran, dan efektif.Di era globalisasi ini, melalui Masyarakat Ekonomi Asean, Indonesia berpeluang untuk memanfaatkan keunggulan dan meningkatkan skala ekonomi dalam negeri maupun luar negeri, guna memperoleh keuntungan dalam mengikuti pasar bebas dan perlu mempersiapkan segala pembekalan yang dikembangkan dalam persaingan di MEA. Untuk bersaing dalam menghadapi MEA perlu diadakannya pembelajaran untuk menumbuhkan jiwa entrepreneurship pada siswa sejak dini Media wayang adalah dapat menyampaikan materi pada siswa dan diterima dengan mudah oleh siswa.  Tujuan dari pengembangan ini yaitu, Bagaimana mengembangkan jiwa entrepreneurship pada guru melalui pendidikan?. Manfaat membuat wayang sebagai media pembelajaran edukatif yaitu dapat menyampaikan materi pada siswa dan diterima dengan mudah oleh siswa, media pembelajaran yang baik merupakan media yang mampu mentransfer informasi yang akan disampaikan dengan baik. Jenis wayang ada beberapa yaitu diantaranya ada wayang orang, wayang golek dll.

Kata Kunci : Guru, Kewirausahaan, Media wayang pekerjaan

 

Abstract

Teachers are not only required to be able to teach science to students but teachers should also have skills in the field of kewiarusahaan. Teachers are required to be self-employed in education, for example, developing instructional media and then marketed. Entrepreneurship can dijarkan through education and training. Entrepreneurship is someone who develops a new product or new idea in this case requires creativity, risk-taking, self-assured hard work. Lock berwiarausaha ie, unique products, has a marketing strategy, and effective. In this globalization era, through the Asean Economic Community, Indonesia has an opportunity to take advantage and increase economies of scale in the country and abroad, to gain an advantage in participating in the free market and the need to prepare for any debriefing developed in competition at the MEA. To compete in the face of MEA holding learning need to foster the spirit of entrepreneurship in students from an early age puppet Media is able to deliver material to students and accepted easily by the students. The purpose of this development is, How to develop a spirit of entrepreneurship in the education of teachers through ?. The benefits of making puppets as educational learning media that can deliver material to students and accepted easily by the student, a good learning media is media that is capable of transferring the information to be communicated properly. There are several types of puppets some of them there are puppets, puppet show etc.

Keywords : Teachers, Entrepreneurship, Media puppet work


Full Text: PDF