Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
Analisis Pemahaman Guru SMA terhadap Pendekatan Saintifik dan Penerapannya dalam Perencanaan Pembelajaran Biologi
Ika Rifqiawati

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Adanya perubahan atau pergantian kurikulum dan segala aspek di dalamnya menuntut pemahaman guru agar dapat menerapkannya dengan baik.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman guru terhadap kurikulum 2013 terutama tentang pendekatan saintifikdan penerapan pemahaman tersebut dalam perencanaan pembelajaran biologi yang dibuat oleh guru.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dilakukan di beberapa SMA piloting kurikulum 2013 di Kota Bandung pada Semester Genap tahun ajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini adalah guru Biologi kelas X sebanyak 5 guru. Teknik pengumpulan data pemahaman dilakukan dengan angketterbuka yang berisi pemahaman guru terhadap standar proses dan standar implementasi. Selain itu, digali juga informasi pelatihan kurikulum 2013 yang pernah diikuti oleh guru, pengawasan, dan sumber informasi pemahaman guru. Penerapan pemahaman guru dalam membuat perencanaan digali dengan instrumen analisis RPP.

Data pemahaman guru dijaring dengan angket dan penerapan pemahaman dijaring dengan analisis RPP. Instrumen dianalisis dengan dicari persentase pencapaiannya, kemudian dianalisis kesesuaian pemahaman dengan penerapannya pada perencanaan pembelajaran dengan menentukan indikator kesesuaian. Hasil penelitian menyatakan rata-rata persentase kesesuaian yaitu 72% termasuk dalam kategori cukup. Berdasarkan hasil analisis terdapat beberapa ketidaksesuai, dalam aspek pemilihan metode yang sesuai dengan pendekatan saintifik, pemilihan media atau objek pengamatan yang sesuai dengan pendekatan saintifik, kegiatan dalam langkah mengamati, kegiatan dalam langkah menanya, kegiatan dalam langkah mengasosiasikan, dan kegiatan dalam mengkomunikasikan. Ketidaksesuaian dapat disebabkan karena RPP yang dibuat merupakan RPP hasil MGMP yang melibatkan tidak hanya guru sampel saja, kurang maksimalnya supervisi RPP guru oleh kepala sekolah untuk pengembangan RPP yang sesuai dengan kondisi sekolah dan siswa, serta pola pelatihan kurikulum 2013 yang diselanggarakan oleh pemerintah.
KATA KUNCI: PENDEKATAN SAINTIFIK, PEMAHAMAN GURU,KURIKULUM 2013, DAN PEMBELAJARAN BIOLOGI


Full Text: 339-346