Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN BAHAN AJAR BERBASIS LINGKUNGAN PESISIR TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SMA
Mutmainna Ekawati, Ahmad Munandar, Saefudin Saefudin

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran ekosistem dengan menerapkan pendekatan saintifik berbantuan bahan ajar berbasis lingkungan pesisir dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah Weak Experimental dengan desain One-Group Pretest-Postes. Subyek penelitian sebanyak 22 orang siswa dari salah satu SMA di kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan penyebaran angket.. Efektivitas pembelajaran dalam penelitian ini dianalisis berdasarkan skor N-Gain dan uji t satu sampel menggunakan program penghitungan statistik SPSS 16.0 for Windows, sementara data non tes dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara kesuluruhan pembelajaran ini efektif meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dengan N-Gain sebesar 64,4% (kategori sedang). Sementara dari hasil t-hitung yang telah dilakukan diperoleh nilai t hitung > ttabel (1,840 > 1,721) dengan total siswa yang mencapai KKM sebanyak 64%. Berdasarkan tanggapan siswa serta hasil analisis penelitian diperoleh bahwa pembelajaran ekosistem dengan pendekatan saintifik berbantuan bahan ajar berbasis lingkungan pesisir dapat meningkatkan motivasi dalam pembelajaran dan membantu siswa dalam menemukan konsep ekosistem dengan cara mengeksplorasi pengetahuannya sendiri.

Full Text: 215-224