Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Nasional HIMA PGSD 2019

Font Size: 
BUDAYA SEKOLAH DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA SD
Maya Rimawati

Last modified: 2019-06-18

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak orang yang sudah kehilangan budi pekertinya,hal  yang diajarkan  di sekolah akan menumbuhkan perilaku yang positif seperti toleransi,kerja sama,disiplin,tanggung jawab,mandiri dan sebagainya. Agar dapat menumbuhkan perilaku yang positif,maka penanaman karakter sangatlah penting. Apabila sejak dini seorang anak tidak ditanamkan mengenai pendidikan karakter dan budaya maka yang terjadi adalah menurunnya moral masyarakat. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana program budaya sekolah dalam menanamkan karakter disiplin siswa SD Tambakrejo 03 Semarang. Sumber data penelitian yaitu guru dan siswa kelas III,IV dan V. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah dilihat dari hasil observasi,wawancara,angket dan dokumentasi. Program budaya sekolah dalam menanamkan karakter disiplin di SD Negeri Tambakrejo

03 Semarang sudah berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini terlihat dari budaya sekolah yang ditanamkan oleh siswa setiap harinya seperti pembiasaan apel pagi,datang  ke  sekolah  tepat  waktu,berpakaian  sesuai  peraturan,melaksanakan piket kelas sesuai dengan jadwal,mengumpulkan tugas tepat waktu. Dari hasil analisis tersebut dapat di simpulkan bahwa program budaya sekolah sangat bagus di gunakan untuk pembentukan karakter siswa.

Kata kunci: budaya sekolah, karakter, disiplin

Abstract : This research is motivated by many people who have lost their minds, the things  taught  in  schools  will foster  positive behaviors  such  as  tolerance, cooperation, discipline, responsibility, independence and so on. In order to grow positive behavior, planting character is very important. If a child is not planted early on character education and culture, what happens is the decline of community morale. This research is descriptive qualitative which aims to find out how the school culture program in instilling the disciplinary character of students at  SD Tambakrejo  03  Semarang.  Sources  of  research  data  are teachers  and students of class III, IV and V. The data collection procedures used are observation, interviews, questionnaires and documentation. Based on the results of this study are seen from the results of observations, interviews, questionnaires and documentation. The school culture program in instilling discipline in Tambakrejo Public Elementary School 03 Semarang has been going well and smoothly. This can be seen from the school culture instilled by students every day such  as  habituating  morning  apples,  coming  to  school  on  time,  dressing according to regulations, carrying out class pickets according to schedule, collecting  assignments  on  time.  From  the  results  of  the  analysis  it  can  beconcluded that the school culture program is very good to use for the formation of student character.

Keywords: school culture, character, discipline

 


Full Text: PDF