Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SD NEGERI 02 SRONDOL KULON
Sero Adi Murvianto

Last modified: 2017-07-21

Abstract


menggunakan model pembelajaran role laying berbantuan media flipchart dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Srondol Kulon 02 Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian true experimental designs. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Data dianalisis menggunakan uji-t sampel dengan rumus separrated varians. Hasil rata-rata kekatifan siswa kelas eksperimen lebih besar daripada kelas control (68.91>65.20). Rata-rata hasil belajar PKn kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran take and give lebih besar dari kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (84,25 > 74,12). Dari hasil analisis data diperoleh t hitung 5.0035. Sedangkan selisih ttabel dengan db 61 pada taraf signifikansi 5% adalah 2.66. Hal ini berarti t Hitung lebih besar dari ttabel (5.0035 > 2.66). Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar PKn kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran role playing berbantuan media flipchart dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran role playing berbantuan media flipchart efektif terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri Srondol Kulon 02 Tahun Ajaran 2015/2016.

Full Text: PDF