Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TEMA 1 BENDA-BENDA DI LINGKUNGAN SEKITAR SISWA KELAS V SD
NOVA DWI KURNIAWAN

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Penggunaan media dalam pembelajarankhususnya di kelas Vsekolah dasarbelum optimal. Hal ini nampak pada saat kegiatan pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan saat inisangatlah terbatas dan kurang bervariasi. Media yang digunakan hanya buku-buku dan tidak adanya media yang mendukung pembelajaran yang menjadikan siswa aktif dan semangat dalam belajar.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan media komik pada pembelajaran bahasa Indonesia tema 1 benda-benda di lingkungan sekitar siswa kelas V SD? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untukpengembangan media komik pada pembelajaran bahasa indonesia tema 1 benda-benda di lingkungan sekitar siswa kelas V SD.

Jenis penelitian ini adalah pengembangan atau Research and Development (R&D) yaitu rangkaian proses atau langkah-langkah dalam rangka mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang sudah ada agar dapat dipertanggung jawabkan. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menerapkan prosedur model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitiansiswa kelas V SD Negeri Bangetayu Wetan 01 yang diambil adalah kelasV yang berjumlah 30 siswa. Data penelitian ini diperoleh dari lembar angket ahli media, lembar angket ahli materi, dan angket siswa serta informasi yang didapatkan dari guru SD.

Hasil penelitian menghasilkan pengembangan media Komik sesuai diterapkan dalam pembelajaran materi Tema 1 benda-benda dilingkungan sekitar, dengan melihat penilaian dari validasi ahli media yang memberikan nilai terhadap penilaian media komik rata-rata nilai ahli media yaitu sebesar 96 atau 80% dengan kategori baik serta ahli materi yang memberikan nilai sebesar rata-rata nilai ahli materi yaitu sebesar 191 atau sebesar 84% dengan kategori sangat baik, hasil belajar siswa yang mencapai rata-rata 66, dan dilihat dari angket tanggapan siswa yang positif yaitu mencapai 82% dengan kategori sangat baik.

Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikanmedia pembelajaran bahasa Indonesia berupa media Komik terus dikembangkan pada pokok bahasan yang lain agar dapat mengembangkan berbagai aktivitas dan kreativitas siswa dalam pembelajaran dan perlu adanya pengembangan lebih lanjut mengenai media pembelajaran berupa media Komik serta menerapkan pada pokok bahasan yang berbeda dengan tujuan agar diperoleh media yang lebih baik.


Full Text: PDF