Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA BOLDING (BOLA BERGELINDING) PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM, SOSIAL, DAN BUDAYA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Novita Kristiyanti

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Kurangnya kreatifitas guru kelas IV SDN Tlogosari Kulon 05 Semarang dalam penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariatif menjadikan siswa bosan dan kurang aktif dalam pembelajaran. Untuk mencegah hal tersebut dan untuk memperoleh hasil yang baik dalam proses pembelajaran maka proses pembelajaran harus ditunjang dengan media yang mendukung salah satunya dalah dengan media Bolding (Bola Bergelinding). Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research & Development). Media Bolding (Bola Bergelinding) merupakan pengembangan dari media bola yang efektif digunakan dalam pembelajaran. Analisis uji ahli tingkat kelayakan media Bolding sebesar 97,79%, kelayakan materi 80%, serta 88,57% diperoleh dari angket siswa. Hasil N gain sebesar 0.4 yaitu menunjukan kriteria sedang. Hal tersebut menunjukan media Bolding (Bola Bergelinding) layak digunakan sebagai media pembelajaran karena meningkatkan hasil belajar siswa.


Full Text: PDF