Last modified: 2017-07-21
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah tidak menariknya guru dalam mendesain pembelajaran yang membuat siswa menjadi jenuh dan bosan untuk mengikuti pembelajaran.Kejenuhan siswa dalam pembelajaran berpengaruh pada hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran memerlukan media pembelajaran yang dapat meningkatkan ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan media box wayang karton. Jenis penelitian ini adalah penelitiandan pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 27 siswa kelas V SD. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data ahli media dan data ahli materi. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan berupa media box wayang karton. Hasil validasi ahli media pada bimbingan pertama diperoleh persentase sebesar 85,33% dan hasil validasi ahli media kedua diperoleh persentase sebesar 92,26%. Hasil validasi ahli materi diperoleh persentase 80%. Nilai pretest yang diperoleh siswa sebesar 45 sedangkan rata – rata nilai posttest yang diperoleh siswa sebesar 80. Hasil N gain sebesar 0,6 yaitu menunjukan kriteria sedang. Hal tersebut menunjukkan media box wayang karton layak digunakan sebagai media pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.