Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE BOOK PADA PEMEBELAJARAN TEMATIK TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN KELAS IV SD NEGERI 01 PANGGANG JEPARA
Dinanti Alifdiyaning Putri

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Pernyataan ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih cenderung menggunakan metode menjelaskan, Tanya jawab, penugasan dalam materi tema indahnya kebersamaan.Tujuan pembelajaran belum tercapai secara optimal sehingga berpengaruh terhadap keefektifan belajar siswa.Saat pembelajaran belum menggunakan media pembelajaran yang bervariasi untuk mendukung pembejaran tematik.Salah satu upaya yang dapat digunakan yaitu melalui media Crossword Puzzle Book.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana keefektifan produk pengembangan media Crossword Puzzle Book pada pembelajaran tematik Tema Indahnya Kebersamaan pada siswa kelas IV? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan produk pengembangan media Crossword Puzzle Book sebagai pendukung kompetensi berimbang pada siswa kelas IV.

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 01 Panggang Jepara pada tanggal 24 Agustus 2016.Subjek penelitian ini adalah Kelas IV SD Negeri 01 Panggang Jepara sebagai kelas uji coba produk dengan jumlah siswa 29 orang.Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian research and Development (R&D).Metode penelitian dan pengembangan digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut.Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah Media Crossword Puzzle Book. Media Crossword Puzzle Book dilakukan berdasarkan langkah-langkah pengembangan Borg and Gall

Pengolahan data diambil dari validasi ahli materi PKN, Bahasa Indonesia dan IPS, validasi materi guru, ahli media, angket tanggapan siswa dan hasil pretest dan posttest dengan gain-score. Hasil analisis pada validasi ahli pkn  75%  layak, ahli Bahasa Indonesia 94,6% sangat layak, ahli IPS 76,78%  layak, validasi materi guru 91,07% sangat layak, ahli media 97%sangat layak, angket tanggapan siswa 97,62% sangat layak, dan hasil rata-rata pretest 85%, posttest 94% dan gain-score sedang. Hal ini menunjukkan bahwa Media Crossword Puzzle Book efektif dalam pembelajaran pada Tema Indahnya Kebersamaan .

Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah pengembangan media Crossword Puzzle Book efektif pada pembelajaran tematik pada siswa SD Kelas IV.Saran dari peneliti adalah guru diharapkan dapat menciptakan media pembelajaran yang bervariasi untuk menarik perhatian siswa.


Full Text: PDF