Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL COMPLETE SENTENCEDALAM MENULIS PANTUN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PEDURUNGAN LOR 01 SEMARANGTAHUN AJARAN 2015/2016
Lintang Yulia Martiana

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah guru masih kesulitan dalam menentukan kegiatan belajar mengajar yang tepat, guru masih belum menggunakan variasi model pembelajaran, dan guru juga belum menggunakan media pendukung maupun sumber belajar yang dekat dengan pengalaman siswaTujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikanpembelajaran menulis pantun anak pada siswa kelas IV SD Negeri Pedurungan Lor 01 Semarang tahun ajaran 2015/2016, 2) Menganalisis keefektifan pembelajaran menulis pantun anak menggunakan model complete sentence pada siswa kelas IV SD Negeri Pedurungan Lor 01 Semarang tahun ajaran 2015/2016.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dari data primer dan sekunder melalui tes menulis pantun, wawancara, observasi, dan angket siswa serta informasi yang didapatkan dari guru dan kepala sekolah.Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan siswabelajar lebih giat lagi dalam memahami menulis pantun dan sajaknya. Untuk meningkat hasil belajar, siswa diharapkan lebih sering membaca buku ataupun bacaan-bacaan yang dapat memperkaya pembendaharaan bahasa


Full Text: PDF