Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTU MEDIA WAYANG KULIT TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JAWA PADA SISWA SDN KEDUNGMUNDU SEMARANG
Haningray Haningray

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya minat siswa dalam mengenal tokoh-tokoh pewayangan. Untuk itu perlu adanya media yang membantu menumbuhkan motivasi siswa dalam mengenal tokoh-tokoh pewayangan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan Model Pembelajaran Role Playing Berbantu Media Wayang Kulit untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil analisis data dengan uji banding dua sampel (beda rata-rata prestasi belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol) menunjukkan bahwa rataan prestasi belajar kelompok eksperimen berbeda dengan prestasi belajar kelompok kontrol. Nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 76,83 sedangkan nilai rata-rata kelompok kontrol 67,96. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model role playing berbantuan media wayang kulit terbukti lebih baik dari pembelajaran ekspositori di kelompok kontrol.Saran yang dapat   peneliti berikan sehubungan dengan hasil penelitian adalah hasil penelitian pada pembelajaran menggunakan model role playing berbantuan media wayang kulit telah memenuhi kriteria efektif. Dapat digunakan sebagai salah satu alternarif pembelajaran di sekolah, khususnya untuk materi dan tujuan pembelajaran yang sama.


Full Text: PDF