Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Nasional Sains dan Entrepreneurship II

Font Size: 
Pengaruh penerapan e-learning offline dan mobile learning terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kompetensi inti 3 dalam konsep dampak pencemaran lingkungan bagi kehidupan kelas vii
Megawati Megawati, Fenny Roshayanti, Eko Retno Mulyaningrum

Last modified: 2015-09-28

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan e-learning offline dan mobile learning terhadap kemampuan berpikir kreatif dan penguasaan Kompetensi Inti 3 pada materi pokok dampak pencemaran lingkungan bagi kehidupan siswa kelas VII SMP N 1 Mranggen, Kabupaten Demak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experimental design dengan desain pretest posttest control group design. Pengambilan data dilaksanakan pada bulan Mei 2015 dengan subjek penelitian kelas VII G (32 siswa) sebagai kelas eksperimen dan VII H (31 siswa) sebagai kelas kontrol. Analisis data uji beda dua rerata (uji t) digunakan untuk melihat perbedaan rerata antara dua sampel. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan skor rata-rata t hitung 5,4164 dan t tabel 2,6588. Hasil yang sama ditunjukkan juga pada penguasaan Kompetensi Inti 3, yaitu pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, dengan skor rata-rata t hitung 5,7030. Angka tersebut menunjukkan perbedaan yang sangat signifikan jika dibandingkan dengan t tabel (2,6588). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan e-learning offline dan mobile learning memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif dan penguasaan Kompetensi Inti 3 siswa pada materi pokok dampak pencemaran lingkungan terhadap kehidupan siswa kelas VII SMP N 1 Mranggen.

Kata kunci: e-learning offline, mobile learning, kemampuan berpikir kreatif, Kompetensi Inti 3.


Full Text: 342-348