Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Nasional Sains dan Entrepreneurship II

Font Size: 
Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media kartu bergambar terhadap motivasi dan hasil belajar materi Invertebrata siswa SMA N 1 Kayen
Nurjayanti Nurjayanti, Ary Susatyo Nugroho, Maria Ulfah

Last modified: 2015-09-28

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman guru mengenai pemanfaatan model dan media pembelajaran, sehingga mengakibatkan motivasi dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Oleh karena itu perlu adanya solusi untuk meningkatkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media kartu bergambar terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi invertebrata. Penelitian dilaksanakan di SMA N 1 Kayen, Kabupaten Pati mulai dari tanggal 20 April sampai dengan 8 Mei 2015. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-7 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 40 orang dan kelas X-9 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 40 orang. Penelitian ini dilakukan menggunakan desain pretest-postest control group design. Data awal diambil dari nilai pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa, dan data akhir diambil dari nilai posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa. Analisis data terdiri dari (uji normalitas, homogenitas, dan uji t dua pihak).Berdasarkan hasil analisis akhir uji t motivasi belajar siswa menggunakan lembar angket diperoleh thitung 4,1348 untuk dk 78 dengan taraf signifikan 5% didapat ttabel 1,98. Dengan demikian thitung > ttabel, maka Ho ditolak. Sedangkan hasil analisis akhir uji t motivasi belajar siswa menggunakan lembar observasi diperoleh thitung 4,4099 untuk dk 78 dengan taraf signifikan 5% didapat ttabel 1,98. Dengan demikian thitung > ttabel, maka Ho ditolak. Sementara itu hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung 3,5614 dengan taraf signifikan 5% dk 78 didapat ttabel 1,98, karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan media kartu bergambar dengan model pembelajaran problem based learning mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Kayen pada materi invertebrata.

Kata kunci : kartu bergambar, problem based learning, motivasi belajar, hasil belajar.


Full Text: 285-293