Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL BIMBINGAN DAN KONSELING 2018

Font Size: 
FENOMENA PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL: TANTANGAN KEHIDUPAN SISWA DI ERA DISRUPSI DITINJAU DARI ASPEK SOSIAL PADA MASA PERKEMBANGAN REMAJA
Saffaah At-tarisul Islamiy, Yoppy Sunaryanti, Arif Khalilu Rahman, Mulawarman Mulawarman

Last modified: 2018-07-21

Abstract


Makalah ini membahas tentang media sosial dan perilaku siswa secara online dilihat dari psikologi perkembangan remaja. Era disrupsi telah mengubah siswa menjadi ketergantungan pada teknologi. Seperti kebiasaan remaja menggunakan sosial media dalam berkomunikasi dan gaya kehidupan remaja yang serba online pada era disrupsi. Tujuan makalah ini untuk menganalisa perkembangan masalah siswa dari sisi era disrupsi. Era disrupsi merupakan teknologi yang berkembang pesat membuat siswa harus mengikuti tren masa kini. Dengan adanya teknologi membuat perkembangan remaja menjadi berubah dimana perilaku siswa di kehidupannya menjadi serba online. Dibuktikan dari hasil beberapa penelitian menunjukkan bahwa perbedaan penggunaan media sosial antara siswa berkepribadian introverti dan ekstrovert; perilaku game online berpengaruh terhadap interaksi sosial siswa,efikasi diri akademik dan keterampilan sosial; teknologi mempengaruhi perilaku pengungkapan diri, gaya hidup, dan pembentukan kepribadian siswa. Temuan dari penelitian ini adalah bahwa siswa mampu mengenali dan mengikuti perkembangan teknologi dari sisi perkembangan perilaku pada masa remaja, seperti halnya menggunakan sarana untuk berkomunikasi dan mencari informasi baru. siswa dapat mengunakan teknologi sebagai sarana penunjang akademik dan berbagi pengalaman serta pengetahuan. siswa memilah teknologi dalam mengikuti tren masa kini dan mengelola gaya hidup

Full Text: PDF