Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL ALFA VII

Font Size: 
METODE TWO STAY TWO STRAY MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN UNTUK MENGEMBANGKAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR SISWA
Ririn Maisyatul Kurniyah, Dini Rakhmawati

Last modified: 2017-07-14

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode two stay two stray melalui layanan penguasaan konten untuk mengembangkan regulasi diri dalam belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif  dengan bentuk quasi exsperimental design menggunakan desain nonequivalent control group design. Sampel yang diambil adalah 72 siswa kelas X MIPA 2 dan X MIPA 12 dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji t diperoleh hasil thitung > ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan db 72 yaitu 4,408 > 2,00. Dapat disimpulkan bahwa metode two stay two stray melalui layanan penguasaan konten efektif untuk mengembangkan regulasi diri dalam belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Semarang”.

 

Kata Kunci : Metode Two Stay Two Stray, layanan penguasaan konten, Regulasi diri dalam belajar.


Full Text: PDF