Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL ALFA VII

Font Size: 
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PELUANG
Rina Kumaya Dewi, Helti Lygia Mampouw

Last modified: 2017-07-14

Abstract


Abstrak

Kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan kemampuan untuk menghasilkan suatu ide, gagasan atau berbagai cara baru yang mengacu pada keberagaman dari jawaban siswa yang memenuhi aspek kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Tulisan ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA dalam menyelesaikan soal peluang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dimana subjek terdiri dari 3 siswa kelas XI SMA masing-masing 1 siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa subjek berkemampuan matematika tinggi memenuhi ketiga aspek yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan dalam, namun dalam membuat aturan permainan dan menghitung banyaknya pasangan pemain hanya memenuhi aspek kebaruan saja. Subjek berkemampuan matematika sedang memenuhi aspek kefasihan dan fleksibilitas, namun dalam membuat aturan permainan dan menghitung banyaknya pasangan pemain subjek tidak memenuhi ketiga aspek. Sedangkan subjek berkemampuan matematika rendah, tidak memenuhi ketiga aspek dan soal membuat aturan permainan dan menghitung banyaknya pasangan pemain subjek memenuhi aspek fleksibilitas dan kebaruan. Ditemukannya kemampuan berpikir kreatif matematis yang berbeda-beda diharapkan dapat membuka wawasan guru untuk merancang pembelajaran yang mengoptimalkan kemampuan siswa.

 

Kata kunci: berpikir kreatif, kefasihan, fleksibilitas, kebaruan, peluang.

Full Text: PDF