Seminar Universitas PGRI Semarang, Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran melalui Lesson Study

Font Size: 
LESSON STUDY SEBAGAI ALTERNATIF PROSES PEMBELAJARAN DIKELAS PADA PERGURUAN TINGGI
Supandi Supandi, Rasiman Rasiman

Last modified: 2012-08-09

Abstract


Lesson study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses belajar mengajar yang ddilakukan  secara kolaboratif dan kebersinambungan oleh sekelompok dosen. Tujuan dari  Lesson Study adalah untuk: (1) memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana mahasiswa belajar dan dosen mengajar; (2) memperoleh hasil-hasil tertentu yang bermanfaat bagi pada dosen lainnya dalam melaksanakan pembelajaran;(3) meningkatkan pembelajaran secara sistematis melalui inkuiri kolaboratif. (4) membangun sebuah pengetahuan pedagogis, dimana seorang dosen dapat menimba pengetahuan dari dosen lainnya. Manfaat yang yang dapat diambil Lesson Study, diantaranya: (1) dosen  dapat mendokumentasikan kemajuan kerjanya, (2) dosen dapat memperoleh umpan balik dari anggota lainnya, dan (3) dosen dapat mempublikasikan dan mendiseminasikan hasil akhir dari Lesson Study. Lesson Study dilakukan berdasarkan tahapan-tahapan secara siklik, yang terdiri dari: (1) perencanaan (plan); (b) pelaksanaan (do); refleksi (see).

 

Kata kunci : lesson study, plan, do, see


Full Text: PDF