Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL SEMITRA II PBSI 2017

Font Size: 
MISTIK DALAM ANAK-ANAK MENGASAH PISAU DAMHURI MUHAMMAD
Muhajir Muhajir

Last modified: 2018-02-13

Abstract


Mistik sangat lekat dalam masyarakat Indonesia termasuk dalam cerita-ceritanya. Penelitian ini hendak mencari bentuk dan motif mistik dalam hal ini mistik hitam dalam cerpen-cerpen karya Damhuri Muhamad dalam buku Anak-anak Masa Lalu. Tiga cerpen yang diteliti yaitu Tembiluk, Anak-anak Masa Lalu, dan Bandar Besi. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif.

Hasil dari penelitian berjudul Mistik dalam Anak-anak Masa Lalu karya Damhuri Muhammad pertama tentang bentuk mistik dalam cerpen, dalam cerpen Tembilukbentuknya adalah ilmu keabadian, dalam cerpen Anak-anak masa lalubentuknya adalah berupa tumbal, anak-anak yang ditumbalkan atas pembangunan jembatan dan kepalanya di tanam di jembatan, sedangkan dalam cerpen Bandar Besi bentuk mistik adalah ilmu kekebalan atau kesaktian.

Motif hubungan manusia dengan dunia hitam dalam cerpen-cerpen Damhuri Muhamad adalah pertama Tembiluk, motif atau maksud terjadinya hubungan adalah kekuasaan dan keinginan untuk abadi, dalam cerpen Anak-anak Masa Lalu motifnya adalah kekayaan dan harta benda, sedangkan dalam cerpen Bandar Besi motifnya selain kesaktian, kekebalan, kebanggaan atau eksistensi diri, dan harta benda.


Full Text: PDF