Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENILAIAN KOGNITIF SUBTEMA AKU DAN CITA-CITAKU SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 GODONG
Eni Ristanti, Suyitno Suyitno, Filia Prima Artharina

Last modified: 2018-07-24

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas  modelDiscovery Learningterhadap penilaian kognitif pada subtema Aku dan Cita-citaku.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Pre-Experimental Designs Bentuk desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 4 Godong.Teknik sampling yang digunakan yaituNonprobability.Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik tes dan nontes.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum menggunakan model Discovery Learningdan setelah menggunakan model discovery learning pada subtema Aku dan Cita-citaku, hal ini didukung oleh terjadinya peningkatan nilai kognitif siswa kelas IV sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan yaitu sebesar 26,222. Hal ini juga berdasarkan analisis data menggunakan uji-t diperoleh thitung> ttabel yaitu 17,634 > 1,697 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning efektif terhadap penilaian kognitif subtema aku dan cita-citaku.

Kata kunci: Efektivitas, Model Discovery Learning,Penilaian Kognitif.

The purpose of this study is to know the effectiveness of the Discovery Learning model of cognitive assessment on the subtheme of Me and Cita-citaku. The type of this research is quantitative with Pre-Experimental Designs design The research design used is one-group pretest-posttest design. The population of this research is all fourth grade students of SD Negeri 4 Godong. Sampling technique used is Nonprobability. The data in this study were obtained through test and non-test techniques. Based on the results of research that has been done can be concluded that there are differences in student learning outcomes before using the model Discovery Learning and after using the model discovery learning on subtema Aku and Cita-citaku, this is supported by the increase of cognitive grade IV students before treatment and after treatment amounted to 26,222. It is also based on data analysis using t-test obtained tcount> ttable that is 17,634> 1,697 then H0 rejected and Ha accepted. Based on the results of the study it can be concluded that the Discovery Learning model is effective against the cognitive assessment of subtema Aku and Cita-citaku.

Keywords: Effectiveness, Discovery Learning Model, Cognitive Assessment.


Full Text: 472-479