Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENANAMAN NILAI KARAKTER KEPEDULIAN LINGKUNGAN SISWA MELALUI MATA PELAJARAN KPDL (KEPEDULIAN PADA DIRI DAN LINGKUNGAN) SD NEGERI KARANGTEMPEL KECAMATAN SEMARANG TIMUR
Sintyia Indah

Last modified: 2018-07-23

Abstract


Dilatar belakangi oleh karakter bangsa yang semakin menurun khususnya karakter peduli lingkungan. Kondisi tersebut secara langsung telah mengancam kehidupan manusia. Maka pendidikan karakter tentang peduli lingkungan sangat perlu ditanamkan supaya manusia dapat menjaga dan melestarikan bumi pertiwi ini.. Fokus penelitian ini adalah bagaimana proses penanaman nilai karakter kepedulian lingkungan siswa melalui mata pelajaran KPDL? serta bagaimana hasil dari penanaman nilai karakter kepedulian lingkungan siswa melalui mataa pelajaran KPDL?.Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di SD Negeri Karangtempel Semarang Timur. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengujian dalam penentuan validitas data adalah dengan menggunakan triangulasi sumber.. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan penanaman nilai karakter kepedulian lingkungan siswa melalui mata pelajaran KPDL sudah disisipi dengan karakter peduli lingkungan. Penanaman dilakukan melalui pembelajaran di dalam kelas dengan metode ceramah yang kemudian di terapkan langsung di lingkungan melalui pembiasaan. Hasil dari penanaman nilai karakter kepedulian lingkungan siswa sudah baik. Walaupun dalam penanaman nilai karakter kepedulian lingkungan. Masih ada siswa yang kurang menceriminkan sikap peduli lingkungan.

Kata Kunci : Karakter kepedulian lingkungan, Mata Pelajaran KPDL

The background of this final project is the decrease of nation characteristic especially in environment caring character. The enviroment damage is caused by two factors, natural events and human behavior. This condition is threatening the human living directly. So, the character education about environment caring should be implanted, so that the people can save the earth. KPDL is the lesson about study of caring forward enviroment and self. This final project is foccused on how to plant the character value of student environment caring through KPDL lesson and how the result of it. This final project uses qualitative research, located in SD Negeri Karangtempel, Semarang Timur. The methods of the research are observation, interview, and documentation, and the data analysis uses data reduction, data presentation, conclusion retraction and verfication.The researcher found that the implanted of character value of student environment caring through KPDL lesson is good. Although, some student still show the ignorant attitude forward environment caring. There some suggestions for the teachers and the civitas academics. For the teachers that will be teach with KPDL, they should be more assertive forward the student. For civitas academics, we should be participant to develop the implanted of character value of student environment caring.

Keywords : Karakter Kepededulian Lingkungan, KPDL Lesson


Full Text: 419-428