Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL TARI BAMBU BERBANTU MEDIA MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI RONGGO 01 PATI
Dwi Nur Latiffah, Agung Handayanto, Aries Tika Damayani

Last modified: 2018-07-22

Abstract


Latar belakang yang  mendorong penelitian ini adalah 1) Hasil belajar siswa pada  mata  pelajaran  IPA terutama pada materi Peredaran darah Manusia masih  rendah,  2)  Media  yang  yang digunakan kurang  menarik  minat  siswa  dalam  pembelajaran. 3)  Guru  cenderung menggunakan model pembelajaran konvensional saat proses belajar mengajar. Jenis  Penelitian  ini  adalah  penelitian  kuantitatif  dalam  bentuk  Posttest-Only Control Design.  Populasi penelitian adalah seluruh siswa SD Negeri Ronggo 01 Pati. Sampel yang  diambil  adalah  21  siswa  kelas  VA  dan  19  siswa  kelas  VB.  Data  dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan  analisis  akhir  yang  telah  dilakukan  terlihat  dari  hasil  posttest yang  menunjukkan  pembelajaran  dengan  model  pembelajaran  tari  bambu berbantu  media  audiovisual  lebih  baik  daripada  menggunakan  pembelajaran konvensional. Hal tersebut diperkuat dengan hasil belajar analisis akhir yang telah dilakukan dengan menggunakan  uji-t diperoleh thitung=  2,77 dan  ttabel=  2,024. Karena  thitung> ttabel sehingga  dapat  disimpulkan  bahwa  “Model  Tari  Bambu Berbantu  Media  Macromedia Flash  efektif  terhadap  hasil  belajar  IPA   kelas  V SD  Negeri  Ronggo 01 Pati.  Ketuntasan  belajar  klasikal menggunakan  uji  t  satu  sampel  diperoleh  thitung=  6,66  dan  ttabel=1,734. Karena  thitung>  ttabel,  sehingga  dapat disimpulkan  bahwa  “Model  Tari  Bambu  Berbantu  Media  Macromedia Flash  dapat mencapai ketuntasan belajar klasikal pada mata pelajaran IPA dari jumlah siswa kelas V SD Negeri Ronggo 01 Pati.

Kata Kunci : Model Tari Bambu , Macromedia Flash ,IPA.

Background that encourage this research is 1) Students' learning outcomes in science subjects, especially on Human Circulation material is still low, 2) The media used less interest students in learning. 3) Teachers tend to use conventional learning models during teaching and learning. This type of research is a quantitative research in the form of Posttest-Only Control Design. The research population is all students of SD Negeri Ronggo 01 Pati. Samples taken are 21 students of VA class and 19 students of class VB. The data in this research is obtained through observation, documentation, and test. Based on the final analysis that has been done visible from the posttest results that show the learning with the model of bamboo dance learning aided audiovisual media is better than using conventional learning. This is reinforced by the result of final analysis that has been done by using t-test obtained tcount = 2.77 and ttable = 2.024. Because thitung> ttabel so it can be concluded that "Bamboo Dance Model Helped Media Macromedia Flash effective against the results of science class V SD Negeri Ronggo 01 Pati. The completeness of classical learning using t test of one sample obtained thitung = 6.66 and ttable = 1.734. Because thitung> ttable, so it can be concluded that "Bamboo Dance Model Assisted Media Macromedia Flash can achieve mastery of classical learning on science subjects from the number of students of grade V SD Negeri Ronggo 01 Pati.

Keywords: Bamboo Dance Model, Macromedia Flash, IPA.


Full Text: 127-132