Font Size:
KEEFEKTIFAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPA di SD
Last modified: 2018-08-14
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar pretest dan postest dengan model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap hasil belajar IPA pada materi peredaran darah pada manusia kelas V SD Negeri Pleburan 04 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuantitatif dengan rancangan one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri Pleburan 04 Semarang yang berjumlah 32 siswa, sampel dalam penelitian berjumlah 32 siswa yang diambil dengan teknik non probability sampling sengan jenis sampling jenuh. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data dari pretest dan posttest analisis tahap akhir dengan uji t diperoleh 22,15781 = 1,6955. Dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar pretest dan postest dengan model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap hasil belajar IPA pada materi peredaran darah pada manusia kelas V SD Negeri Pleburan 04 Semarang.
Full Text:
PDF