Last modified: 2017-10-25
Abstract
Abstrak - Materi pembelajaran bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa asing di Sekolah Dasar masih cenderung berorientasi pada ilmu pengetahuan murni yang hanya berfokus pada kepentingan kognitif siswa tanpa mempertimbangkan nilai-nilai budaya lokal. Selain itu, banyaknya masalah sosial yang terjadi di masyarakat, seperti pelanggaran-pelanggaran terhadap norma-norma yang berlaku di masyarakat, contohnya bullying, lebih cinta budaya asing daripada budaya lokal, memudarnya rasa toleransi, menghormati, rasa sopan santun, dan lain-lain di kalangan siswa menjadi alasan utama dilakukannya penelitian ini. Tujuan dari paper ini adalah membangun game edukasi sebagai salah satu upaya pembentukan karakter, pelestarian budaya lokal, sekaligus penguasaan wawasan global dengan mengintegrasikan kearifan lokal pada pembelajaran bahasa Inggris dengan memasukkan nilai-nilai karakter dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya konstruktivisme karakter bangsa. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif berupa survey, wawancara dan observasi, serta proses pengembangan education games yang dirancang dengan metode Research and Development (R&D). Hasil dari penelitian ini berupa produk software education games berbasis kearifan lokal pada pembelajaran bahasa Inggris tingkat Sekolah Dasar sebagai upaya pembentukan karakter generasi muda.
Kata Kunci : pembelajaran bahasa Inggris, kearifan lokal, Pendidikan Kewarganegaraan, konstruktivisme karakter, education games