Seminar Universitas PGRI Semarang, SENS

Font Size: 
REKAYASA PERANGKAT LUNAK PEMBELAJARAN AKSARA JAWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA UNTUK TINGKAT SD/MI/SDLB
MY. Teguh Sulistyono, Aris Nurhindarto

Last modified: 2015-11-12

Abstract


Belajar merupakan interaksi antara pendidik dan peserta didik dalam pemberian ilmu pengetahuan dengan menggunakan metode pembelajaran berbeda-beda yang bertujuan untuk mencerdaskan peserta didik. Metode pembelajaran yang diterapkan dalam proses belajar mengajar harus memperhatikan tingkat pemahaman dan latar belakang peserta didik dalam belajar. Pemanfaatan metode pembelajaran tidak hanya bertumpu pada metode konvensional saja tetapi juga mencari alternatif supaya metode pembelajaran dapat dimaksimalkan dengan baik yaitu dengan menggunakan basis teknologi informasi. Bahasa Jawa merupakan mata pelajaran bermuatan lokal yang materinya berisi sastra, tembang atau lagu, wayang dan aksara jawa yang menjunjung nilai luhur kebudayaan Bangsa Indonesia. Dalam menerapkan metode pembelajaran Bahasa Jawa materi terdapat materi yang tidak maksimak jika diterapkan dengan metode konvensional seperti aksara jawa dan tembang atau lagu, karena materi tersebut membutuhkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning berbasis knowledge based dan artificial intelligence dimana pembelajaran aksara jawa ini berbentuk games interaktif secara bertingkat sesuai dengan tingkat kemampuan danpemahaman peserta didik sebagai pembantu dalam menterjemahkan isi materi. Penelitian rekayasa perangkat lunak pembelajaran Aksara Jawa pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa untuk tingkat SD/MI/SDLB menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pengambilan data kualitatif berdasarkan penyebaran kuesioner yang diolah menggunajan model persamaan struktural.. Pengembangan sistem menggunakan metode pengembangan sistem SDLC (System Development Life Cycle) dengan metode Waterfall dengan tujuan menghasilkan pembelajaran berbasis teknologi informasi yang bisa diakses oleh semua pihak yang membutuhkan. Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya rekayasa perangkat lunak pembelajaran Aksara Jawa pada mata pelajaran Bahasa Jawa untuk tingkat SD/MI/SDLB agar tujuan nasional pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dapat tercapai.

Kata Kunci : Problem Based Learning. Artificial Intelligence, Knowledge Based, Aksara Jawa


Full Text: 322-330