Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIVE LEARNING TYPE TEAM GAME TOURNAMENT DENGAN MEDIA POP UP PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 SD NEGERI PUNDENARUM 01 KARANGAWEN
Yuli Silky Indana

Last modified: 2018-09-07

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini salah satunya adalah Guru mengajar secara konvensional tanpa menggunakan media karena terbatasnya fasilitas dari sekolah sehingga kurang membangunkan keantusiasan siswa dalam belajar matematika.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Pre-Experimental Design (nondesigns) dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Pundenarum 01 Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak.Sampel yang diambil adalah 20 siswa kelas V SDN Pundenarum 01 Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak.Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan analisis akhir yang telah dilakuakan terlihat dari hasil posttest dan pretest yang menunjukkan pembelajaran dengan model pembelajaran team game tournament dengan media buku pop up lebih baik daripada menggunakan pembelajaran konvensional. Hal tersebut diperkuat dengan hasil perhitungan uji t ketuntasan belajar menunjukkan bahwa diketahui lebih besar dari  ( 10,83 > 1,729 ) maka  ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa diterima, artinya nilai postest siswa setelah menggunakan model pembelajaran Team Game Tournament kurang dari 67 dinyatakan tuntas.Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Game Tournament dengan media buku pop up dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi luas bangun datarsiswa kelas V SDN Pundenarum 01 Karangawen Kabupaten Demak.

 

Kata Kunci : Model Team Game Tournament, Media Pop Up, Hasil Belajar

 

Abstract:The background that encourages this research is one of them is teaching conventionally without using the media because of the limited facilities of the school so that less awaken student enthusiasm in learning mathematics. This research type is quantitative research with Pre-Experimental Design design (nondesigns) with type One-Group Pretest-Posttest Design. This research population is all student of class V SDN Pundenarum 01 Subdistrict Karangawen Regency of Demak. Samples taken are 20 students of class V SDN Pundenarum 01 District Karangawen Demak. The data in this research is obtained through observation, documentation, and test. Based on the final analysis that has been done, it can be seen from posttest and pretest which shows the learning with game tournament team learning model with pop up book media is better than using conventional learning. This is reinforced by the result of t test of learning completeness shows that known t_ (count) bigger than t_ (table) (10,83> 1,729) H_0 is rejected. So it can be concluded that H_aditerima, meaning the postest score of students after using Teams Game Tournament model less than 67 expressed. Based on the above results, it can be concluded that the learning model Team Game Tournament with pop up book media can improve learning outcomes Mathematics material widespread widespread class V SDN Pundenarum 01 Karangawen Demak District.

Keywords: Model Team Game Tournament, Pop Up Media, Learning Outcomes.


Full Text: PDF