Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN ARENDS BERBANTU PAPAN BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERBICARA PADA SISWA KELAS IV SDN TAMBAHARJO 01 PATI
Mochamad Sigit Setyo Anggoro, Djoko Purnomo, Fine Reffiane

Last modified: 2018-09-06

Abstract


Proses pembelajaran melalui ceramah dan kurangnya penggunaan model pembelajaran menyebabkan siswa merasa jenuh, sulit memahami pembelajaran dan kurang aktif dalam menyampaikan pendapat. Sehingga guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang menarik yaitu salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran time token arends berbantu papan bergambar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana keefektifan model pembelajaran Time Token Arends berbantu papan bergambar terhadap hasil belajar ditinjau dari kemampuan berbicara pada siswa kelas IV SDN Tambaharjo 01 and 02 Pati? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis keefektifan model pembelajaran Time Token Arends berbantu papan bergambar terhadap hasil belajar ditinjau dari kemampuan berbicara pada siswa kelas IV SDN Tambaharjo 01 Pati Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True Experimental Design dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Tambaharjo 01 dan 02. Sampel yang diambil berjumlah 40 siswa dengan teknik probality sampling. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil analisis terhadap ketrampilan menulis deskripsi siswa yang dihitung menggunakan Uji t diperoleh hasil rata – rata nilai kelas ekperimen 84,4 dengan thitung sebesar 9,42 dan ttabel sebesar 1,343, karena t-hitung > t-tabel yaitu 9.42 >1,343 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Hal ini berarti bahwa hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan model pembelajaran Time token arends berbantu media papan bergambar lebih baik daripada menggunakan model konvensional.

Kata kunci :Time Token Arends, Papan Bergambar, Kemampuan Berbicara.

 

Abstract: Learning process through lectures and the lack of used the learning models caused students to feel tired, difficult to understand the learning and less active in expressing opinions. So that the teacher should be able to create an interesting learning atmosphere that is one of them by using learning model time token arends assisted by drawing board. The problem in this research is ‘how is the effectiveness of learning model Time Token Arends assisted drawing board to learning result viewed from ability to speak to fourth grade student of SDN Tambaharjo 01 Pati?’ The purpose of this study is to know and analyze the effectiveness of learning models Time Token Arends assisted board drawing on learning outcomes in terms of ability to speak to fourth graders in SDN Tambaharjo 01 Pati This type of research is quantitative research in the form of True Experimental Design with Pretest-Posttest Control Group design. The population in this study was all the fourth graders of SDN Tambaharjo 01 and 02. The sample that was taken amounted to 40 students with probality sampling technique. In data collection, researchers use tests, observations, documentation and interviews. The analysis result of students` description writing skill which is calculated using t-test was obtained that the average result of experiment class was 84,4 with t count equal to 9,42 and t-table equal to 1,343, because t-count higher than t-table that is 9.42> 1,343 hence, it can be concluded that Ha accepted. This means that the learning outcomes of students who are learning using the Time token Arends learning model assisted by the picture board media better than using conventional models.

Keyword: Time Token Arends, Drawing Board, Ability to Speak.


Full Text: PDF