Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
ANALISIS MOTIF BATIK RIFA’IYAH SEBAGAI PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MEMBATIK DI SDN WONOBODRO 01 BATANG
Khikmatika Arifiyanti, Mei Fita Asri Untari, M. Yusuf Setia Wardana

Last modified: 2018-09-06

Abstract


Fokus permasalahan penelitian ini adalah bagaimana proses pembuatan gambar ornamen batik Rifa’iyah yang dilakukan siswa kaitannya dengan penanaman nilai karakter dalam pembelajaran membatik di dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana proses pembuatan gambar ornamen batik Rifa’iyah yang dilakukan siswa kaitannya dengan penanaman nilai karakter dalam pembelajaran membatik.Sumber data penelitian ini adalah  siswa kelas VI B di SD Negeri Wonobodro 01 Batang yang terdiri dari 20 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran membatik dilakukan pada semester 1 ini adalah praktik membuat gambar ornamen batik Rifa’iyah, yaitu dimulai dengan membuat pola pada kertas gambar kemudian mewarnainya dengan krayon dan cat air. Nilai-nilai karakter yang dikembangkan kaitannya dengan praktik membuat gambar ornamen batik Rifa’iyah adalah nilai religius, disiplin, kerja keras, kreatif, tanggung jawab, cinta tanah air, dan peduli lingkungan, mandiri, rasa ingin tahu, dan peduli sosial.

Kata kunci: Nilai Karakter, Pembelajaran Membatik

 

Abstract:The focus of this research problem is how the process of making Rifa'iyah batik ornament drawing done by students in relation to the cultivation of character values ​​in batik learning in the classroom. The purpose of this research is to describe how the process of making Rifa'iyah batik ornament image done by students in relation to the planting of character values ​​in batik learning.The data source of this research is the students of class VI B in SD Negeri Wonobodro 01 Batang consisting of 20 students. Data collection methods used in this study are observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques used include data reduction, data presentation and conclusion. Technique examination of data validity used is triangulation.The results showed that batik learning done in semester 1 is the practice of making Rifa'iyah batik ornament image, which starts by making a pattern on the drawing paper and then coloring it with crayons and watercolors. Character values ​​developed in relation to the practice of making Rifa'iyah batik ornament images are religious values, discipline, hard work, creative, responsibility, homeland love, environmental care, self-reliance, curiosity, and social care.

Keywords: Character Value, Batik Learning


Full Text: PDF