Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
ANALISIS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AL-QUR’AN DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN SISWA SD DAARUL QUR’AN SEMARANG
Rifatul Muyasyaroh

Last modified: 2018-09-06

Abstract


Tujuan penelitian ini antara lain: (1) untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan Al-Qur’an pada siswa kelas I dan IV SD Daarul Qur’an Semarang (2) untuk mengetahui apakah pendidikan Al-Qur’an yang diterapkan dapat membentuk kepribadian siswa kelas I dan IV SD Daarul Qur’an Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan penelitian ini adalah guru, siswa dan orangtua siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Data dianalisis melalui langkah-langkah reduksi data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah: (1) pelaksanaan pendidikan Al-Qur’an pada siswa kelas I dan IV SD Daarul Qur’an Semarang berjalan dengan baik, dimana program yang ditentukan oleh sekolah diantaranya, kegiatan Tahfid dengan menghafal Al-Qur’an dan penanaman nilai-nilai Al-Qur’an dalam kegiatan sehari-hari, sholat dhuha rutin setiap pagi, sholat dhuhur berjamaah, dan tidak lupa membaca do’a sebelum pembelajaran dimulai. (2) dengan adanya program-program yang telah ditentukan sekolah seperti halnya, penanaman nilai-nilai Al-Qur’an dan Tahsin Tahfid dapat membentuk pribadi siswa yang lebih baik sesuai dengan nilai-nilai Al-Qur’an.

Kata kunci:Pendidikan, Al-Qur’an, Karakter, Kepribadian

 

Abstract: The purpose of this research are: (1) to find out how the implementation of Al-Qur'an education on the students of grade I and IV SD Daarul Qur'an Semarang (2) to know whether the education of Qur'an that is applied can form the personality students of class I and IV SD Daarul Qur'an Semarang. This type of research is qualitative research. Informants of this research are teachers, students and parents. Data collection techniques used were observation, interview, documentation, and field notes. Data were analyzed through data reduction measures and conclusions. Technique examination of data validity is done by source triangulation. The results of this research are: (1) the implementation of Al-Qur'an education on the students of grade I and IV SD Daarul Qur'an Semarang run well, where the program is determined by the school among others, Tahfid activities by memorizing Al-Qur'an and planting Qur'anic values ​​in daily activities, regular dhuha prayer every morning, praying dhuhur congregation, and do not forget to read prayer before learning begins. (2) in the presence of school-defined programs as well as, the cultivation of Qur'anic and Tahsin Tahfid values ​​can shape the students' self better according to theQur'anic values.

Keywords: Education, Al-Qur'an, Character, Personality


Full Text: PDF