Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Adhitya Wisnumurti, Jutono Gondohanindijo

Last modified: 2018-09-06

Abstract


Akar permasalahan terletak pada kemampuan siswa di dalam membentuk suatu pengertian dan penerapan pengertian tersebut di dalam menyelesaikan tugas yang berhubungan dengan kegiatan sehari-hari. Siswa belum mampu memahami materi dengan baik dan di dalam aktivitas belajar mengajar lebih bersifat menghafal dan menangkap materi saja. Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di dalam pembelajarannya, guru atau pengajar tidak hanya memberikan materi hafalan saja namun perlu diberikan permasalahan nyata untuk memperoleh pemahaman perihal isu-isu kewarganegaraan. Metode pembelajaran Problem Based Learning berbasis Multimedia Pembelajaran Interaktif menjadi salah satu alternatif solusi untuk melihat apakah metode tersebut efektif untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa Sekolah Dasar ?Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran problem-based learning dalam melihat kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengoptimalkan kemampuan peserta didik melalui model pembelajaran problem-based learning berbasis multimedia interaktif. Tipe penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan data yang dikumpulkan berupa pengamatan hasil tindakan di kelas. Subjek penelitian ini terdiri dari 1 (satu) rombongan belajar siswa kelas V (lima)Sekolah Dasaryang sudah menggunakan perangkat komputer sebagai media di dalam pembelajarannya.

Kata kunci: problem-based learning, berpikir kritis, multimedia interaktif, pembelajaran PKn


Abstract: The root of the problem lies in the ability of students in forming an understanding and application of the definition in completing tasks related to daily activities. Students are not able to understand the material well and in teaching and learning activities are more memorizing and capturing material only. Civic Education Subjects in their lessons, teachers or teachers not only provide memorizing material but need to be given real problems to gain an understanding of civic issues. Learning Based Problem Based Learning Methods Multimedia Interactive Learning becomes an alternative solution to see if the method is effective for developing critical thinking skills of elementary school students? This study aims to determine the effectiveness of the application of problem-based learning models in viewing the critical thinking skills of elementary school students. This study also aims to optimize the ability of learners through interactive multimedia-based learning problem-based learning model.

Keywords: problem-based learning, critical thinking, interactive multimedia, Civic learning


Full Text: PDF