Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTU MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS 4 SDN KRIKIL PAGERUYUNG
Erse Valin

Last modified: 2018-09-04

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 02 Krikil khususnya pada mata pelajaran matematika.Melihat kondisi seperti itu perlu diupayakan penerapan model tertentu untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika khususnya materi perkalian dan pembagian. Model yang diterapkan adalah model Pembelajaran Picture and Picture.Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah Adakah Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantu Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika materi operasi hitung perkalian Semester 1 Siswa Kelas IV SDN 2 Krikil Pageruyung.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Picture and picture berbantu media ular tangga matematika terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 02 Krikil. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design.Teknik analisis data menggunakan analisis awal dan akhir yang menggunakan uji normalitas dan uji beda t-test.Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah diharapkan guru memanfaatkan model pembelajaran picture and picture berbantu media ular tangga matematika untuk variasi pada pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar dalam pembelajaran matematika khususnya materi perkalian dan pembagian.

 

Kata kunci :  model picture and picture, media ular tangga, hasil belajar matematika

 

Abstract: This study is based on the low learning outcomes of fourth grade students of SDN 02 Krikil especially on mathematics subjects. Looking at such conditions it is necessary to apply certain models to improve the learning result of mathematics subjects, especially multiplication and division materials. The model applied is the model of Learning Picture and Picture.Problems revealed in this study is Is the Influence of Learning Model Picture Learning Film Snake Ladder Stairs To The Learning Outcomes Mathematics material calculation of multiplication multiplication Semester 1 Students Class IV SDN 2 Krikil Pageruyung.for in this study is to know the influence of learning model picture and picture assisted media snake ladder mathematics to student learning result of class IV SDN 02 KRIKIL. Data collection method used in this research is quantitative method. The research design used is One-Group Pretest-Posttest Design.Teknik data analysis using the initial and final analysis that uses the test of normality and test different t-test.Saran that researchers can convey is expected to use teacher learning model picture and picture assisted media snake ladder mathematics for variations on learning in teaching and learning activities in learning mathematics, especially multiplication and distribution materials.

 

Keywords: picture and picture model, medium snake ladder, mathematics learning result


Full Text: PDF