Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2017

Font Size: 
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT SMP KELAS VII
Luluk Ulfa Chasani, Sunandar Sunandar, Rina Dwi Setyawati

Last modified: 2017-09-28

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Course Review Horay dan Problem Based Learning berbantuan media interaktif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah pada materi segitiga dan segiempat SMP kelas VII. Sampel penelitian ini adalah kelas VII A, VII B, dan VII D SMP N 01 Demak. Teknik pemilihan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling.

Menurut hasil penelitian analisis data akhir diperoleh kemampuan pemecahan masalah kelas Course Review Horay dan Problem Based Learning berbantuan media interaktif tuntas secara individual dan klasikal. Untuk uji anava diperoleh F tabel < F hitung, 3,96 < 6,57 yang artinya ada perbedaan rata-rata dari 3 sampel, untuk uji t pihak kanan diperoleh thitung > ttabel, 3,0943 > 1,67 eksperimen 1 dan thitung > ttabel , 3,0463 > 1,67 eksperimen 2 yang artinya kemampuan pemecahan masalah matematika kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 lebih baik dari kelas kontrol, sedangkan uji t dua pihak didapat  yaitu -2,0105 < -0,0416 < 2,0105 artinya tidak ada perbedaan antara kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2. Untuk keaktifan berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah pada kelas Course Review Horay dan Problem Based Learning berbantuan media interaktif sebesar 69,1% dan 80,17%. Rata-rata presentase analisis kemampuan pemecahan masalah seluruh indikator sangat tinggi didapat 87,45% eksperimen 1 dan 89,94% eksperimen 2.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Course Review Horay dan Problem Based Learning berbantuan media interaktif dikatakan efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah.

Kata Kunci: efektivitas, kemampuan pemecahan masalah, Course Review Horay, Problem Based Learning dan media interaktif.



Full Text: PDF