Last modified: 2017-09-28
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Team Assisted Individualization dan Numbered Heads Together berbantuan Software Geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Semarang sebanyak 95 siswa yang terdiri dari 32 siswa kelas eksperimen I, 32 siswa kelas eksperimen II, dan 31 siswa kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian pada analisis akhir dengan uji hipotesis 1 menggunakan anava satu jalur diperoleh yaitu 7,416 > 3.10 maka Ho ditolak maka terdapat perbedaan kemampuan pemecahan matematika siswa antara model Team Assisted Individualization, Numbered Heads Together berbantuan Software Geogebra dan model konvensional. Perhitungan dilanjutkan pada hipotesis 2, dan 3 dengan uji scheffe’ yang diperoleh yaitu 10,964 > 6,2 dan yaitu 11,397 > 6.2 maka Ho ditolak yang berarti bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mendapatkan model Team Assisted Individualization dan Numbered Heads Together berbantuan Software Geogebra lebih baik dari siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional. Perhitungan dilanjutkan pada hipotesis 4 juga sama dengan menggunakan uji scheffe’ yang diperoleh yaitu 0,004 > 6,2 maka Ho diterima yang berarti bahwa tidak ada perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mendapatkan model Team Assisted Individualization dan Numbered Heads Together berbantuan Software Geogebra. Dari perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mendapatkan model Team Assisted Individualization dan Numbered Heads Together berbantuan Software Geogebra lebih baik dari siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: TAI, NHT, Geogebra, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.