Seminar Universitas PGRI Semarang, SENATIK 2017

Font Size: 
ANALISIS SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSANMETODE ELECTRE PADA BAURAN PEMASARAN (7P)DALAM MEMULAI USAHA JASA
Agus Darmawan, Sutrisno Sutrisno, Fanisya Alva Mustika

Last modified: 2017-09-15

Abstract


Saat ini tren wirausaha sedang naik daun di tengah masyarakat kita.. Kalau kita perhatikan banyak wirausaha baru yang muncul saat ini berskala usaha kecil menengah (UKM) atau yang sekarang sering diplesetkan menjadi Usaha Kecil Milyaran. Singkatan tersebut bukan sekedar lelucon tetapi memang fakta yang terjadi pada pelaku bisnis yang mempunyai penghasilan sangat menggiurkan. Ketika memulai membuka usaha, banyak dari calon pengusaha yang menjadikan modal sebagai penghambat karena merasa tidak memiliki modal yang cukup. Padahal sebenarnya, untuk menjalankan usaha bukanlah modal materi yang terpenting akan tetapi modal non-materi seperti ilmu manajemen pemasaran dengan teori bauran pemasaran (marketing mix). Sedangkan alat pemasaran tersebut dikenal dengan istilah “4P” dan dikembangkan menjadi “7P” yang dipakai sangat tepat untuk pemasaran jasa yaitu : Produk (product) , Harga (price) , Tempat/distribusi (place), Promosi (promotion), Orang (people), Bukti fisik (physical evidence) dan Proses (process). Untuk menentukan keberhasilan dalam membuat usaha jasa. maka factor yang paling unggul dalam “7P” maka peneliti akan melakukan perbadingan antara factor-faktor tersebut Sehingga, harus terbangunnya software aplikasi ini dirasa dapat menjadi terobosan baru bagi masyarakat ,bahkan mungkin juga bagi masyarakat Indonesia. Software aplikasi SPK ini memanfaatkan suatu metode yang dapat menentukan urutan ranking alternatif terbaik dari beberapa jenis Faktor “7P” . Metode tersebut merupakan bagian dari metode multicriteria, yaitu metode ELECTRE (Elimination and Choice Translation Reality). Metode ELECTRE dipilih, karena metode ini sangat cocok dengan permasalahan di atas, yaitu dapat melakukan penilaian dan perankingan berdasarkan kelebihan dan kekurangan masing-masing alternatif usaha jasa melalui perbandingan berpasangan antar alternatif usaha Jasa pada kriteria-kriteria Faktor “7P” .Kata Kunci : Pemasaran, Electre, Jasa, Usaha.

Full Text: PDF