Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2015

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA FUN LEARNING BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN MEMANFAATKAN LECTORA UNTUK PEMBELAJARAN TEMATIK TERINTERGRASI KELAS IV SD BUNAYYA SEMARANG
Ali Fakhrudin

Last modified: 2015-04-05

Abstract


Rendahnya hasil belajar sebagai akibat dari rendahnya minat belajar peserta didik adalah hal yang mendasari dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran yang menarik berupa media Fun Learning berbasis Multimedia Interaktif dengan memanfaatkan Lectora yang valid dan layak digunakan pada materi sub tema III Bersyukur atas Keberagaman pada tema I kelas IV Sekolah Dasar dan juga mengetahui efektifitasnya ditinjau dari aspek minat dan hasil belajar peserta didik.

Penelitian ini dilaksanakan di SD Bunayya Semarang dengan jenis penelitian Research and Development pada bulan Oktober 2014. Model pengembangannya adalah yang dikemukakan oleh Sugiono kemudian dimodifikasi berdasarkan kebutuhan penelitian yaitu Potensi dan Masalah, Pengumpulan Informasi, Desain Produk, Validasi Desain, Perbaikan Desain, Uji Coba Produk, Revisi Produk, Pembuatan Produk Masal.

Hasil validasi oleh ahli media pembelajaran, materi pembelajaran maupun peserta didik sebagai responden menunjukkan bahwa media Fun Learning valid dan layak digunakan. Uji kefektifan pada kelompok kecil menunjukkan adanya peningkatan minat belajar dengan skor gain sebesar 0,533 dan  uji-t berpasangan hasil belajar didapatkan thitung > ttabel yaitu 8,157 > 1,833 maka Ho ditolak, artinya hasil belajar setelah menggunakan media Fun Learning lebih tinggi daripada hasil belajar sebelum menggunakan media Fun Learning. Pada uji lapangan terbatas, uji-t pihak kanan terhadap skor gain ternormalisasi peningkatan minat belajar didapatkan thitung > ttabel yaitu 5,015 > 1,677 maka Ho ditolak, artinya peningkatan minat belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada peningkatan minat belajar pada kelas kontrol. dan berdasarkan uji-t pihak kanan hasil belajar didapatkan  thitung > ttabel yaitu 3,49 > 1,677 maka Ho ditolak, artinya hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada hasil belajar pada kelas kontrol.

Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media Fun Learning valid dan layak digunakan serta efektif ditinjau dari minat belajar dan hasil belajar peserta didik pada materi sub tema III Bersyukur atas Keberagaman pada tema I kelas IV Sekolah Dasar.

 

Kata kunci : lectora, media fun learning, minat, hasil belajar.


Full Text: 629-640