Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2015

Font Size: 
EFEKTIVITAS MEDIA PUZZLE GAME BERBASIS MPPKB (MODEL PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TEMATIK INTEGRATIF PADA SISWA KELAS IV SD
Alifia Cahya Wicaksani

Last modified: 2015-04-05

Abstract


Penggunaan media puzzle game berbasis MPPKB diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas   penggunaan media puzzle game berbasis MPPKB terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik integratif pada kelas IV SDN Rejosari 03 Semarang.

Desain pada penelitian ini menggunakan Pre Experimental Design yang berbentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Rejosari 03 Semarang. Sampel yang diambil adalah kelas IV SDN Rejosari 03 Semarang dengan menggunakan Purposive Samplingdengan jumlah sebanyak 29 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dokumentasidan angket.  Bentuk  tes  berupa  pilihan  ganda  dan  pada  angket  terdapat  5  alternatif jawaban.

Hasil  penelitian  media  puzzle  game berbasis  MPPKB  adanya  peningkatan dalam  motivasi  dan  hasil  belajar  siswa.Setelah  dihitung    diperoleh  thitung  untuk motivasi sebesar 9,086dan ttabel  sebesar 2,048. karena thitung  (9,086) >ttabel  (2,048) maka  hal  ini  menunjukkan  bahwa  uji  t  minat  belajar  signifikan.  Sedangkan thitunguntuk  hasil  belajar  7,656  dan  ttabel  sebesar  2,048.  Karena t hitung (7,656)>ttabel(2,048) maka hal ini menunjukkan bahwa uji t hasil belajar signifikan. Selain itu, berdasarkanrata-rata nilai motivasipretest dan posttest menunjukkan bahwa nilai rata-rata  siswa   yangmeningkat   dari   52,79   menjadi   67,24   dengan   presentase ketuntasan siswa sebesar 14,45%. Sedangkan berdasarkannilai hasil belajar pretest dan posttest menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa yang meningkat dari 57,31 menjadi 68,21 dan presentase ketuntasan siswa 10,90%.

Maka dapat disimpulkan bahwamedia puzzle game berbasis MPPKB efektif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SD.Saran  yang dapat peneliti sampaikan hendaknya penelitian ini dapat diterapkan oleh guru di sekolah sebagai proses belajar yang mampu memperbaiki minat motivasi dan hasil belajar siswa, supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

 

Kata Kunci :Puzzle Game, MPPKB, Motivasi dan Hasil Belajar

ABSTRACT

 

The use of puzzle game based MPPKB as learning media expected to enhance the students motivation and outcomes learning. The purpose of this research is to know the effectiveness of puzzle game based MPPKB to the students motivation and learning  outcomes  on  the  thematic  interrogative  learning  in  Grade  IV  of  SDN Rejosari 03 Semarang.

The design of this study is use Pre Experimental Design that shaped One Group Pretest-Posttest Design. The population of this study were all students of SDN 03 Rejosari  Semarang.  The  sample  was  students  of  class  IV  in  SDN  Rejosari  03 Semarang by using Purposive Sampling which consists of 29 students. The data in this study were obtained through tests, documentation, and questionnaire. The form is multiple choice test and the questionnaire contained five alternative answers.

The results of the research-puzzle game based MPPKB are the increase of students motivation and learning outcomes. After calculated, provide the tcounted of motivation is 9.086 and the ttable is 2.048. Because the tcounted (9.086) >ttabel (2.048), it indicates that the t-test of the learning motivation is significant. Besides, the thitung of learning  outcomes  is  7.656  and  the  ttabel   is  2.048.  Because  the  thitung(7.656)>ttabel(2.048), it indicates that the t-test of the learning outcome is significant. In addition, based on the average of pretest and posttest motivation value showed that the average of students advance from 52.79 to 67.24 with the students completeness percentage are 14.45%. In the other hand, based on the learning outcomes value of pretest and posttest showed that the students value average were advance from 57.31 to 68.21 and the students completeness percentage are 10.90%.

It can be concluded that Puzzle Game Based on MPPKB as learning media can be effective to the learning motivation and learning outcomes of Grade IV of Elementary School.  Researcher suggests that this study can be applied by teachers in the school as a learning media that can improve the students motivation and learning outcomes, for the learning objectives can be achieved.

Keywords: Puzzle Game, MPPKB, motivation and learning outcome


Full Text: 568-574