Last modified: 2015-04-05
Abstract
Penggunaan media puzzle game berbasis MPPKB diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media puzzle game berbasis MPPKB terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik integratif pada kelas IV SDN Rejosari 03 Semarang.
Desain pada penelitian ini menggunakan Pre Experimental Design yang berbentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Rejosari 03 Semarang. Sampel yang diambil adalah kelas IV SDN Rejosari 03 Semarang dengan menggunakan Purposive Samplingdengan jumlah sebanyak 29 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dokumentasidan angket. Bentuk tes berupa pilihan ganda dan pada angket terdapat 5 alternatif jawaban.
Hasil penelitian media puzzle game berbasis MPPKB adanya peningkatan dalam motivasi dan hasil belajar siswa.Setelah dihitung diperoleh thitung untuk motivasi sebesar 9,086dan ttabel sebesar 2,048. karena thitung (9,086) >ttabel (2,048) maka hal ini menunjukkan bahwa uji t minat belajar signifikan. Sedangkan thitunguntuk hasil belajar 7,656 dan ttabel sebesar 2,048. Karena t hitung (7,656)>ttabel(2,048) maka hal ini menunjukkan bahwa uji t hasil belajar signifikan. Selain itu, berdasarkanrata-rata nilai motivasipretest dan posttest menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa yangmeningkat dari 52,79 menjadi 67,24 dengan presentase ketuntasan siswa sebesar 14,45%. Sedangkan berdasarkannilai hasil belajar pretest dan posttest menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa yang meningkat dari 57,31 menjadi 68,21 dan presentase ketuntasan siswa 10,90%.
Maka dapat disimpulkan bahwamedia puzzle game berbasis MPPKB efektif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SD.Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya penelitian ini dapat diterapkan oleh guru di sekolah sebagai proses belajar yang mampu memperbaiki minat motivasi dan hasil belajar siswa, supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
Kata Kunci :Puzzle Game, MPPKB, Motivasi dan Hasil Belajar
ABSTRACT
The use of puzzle game based MPPKB as learning media expected to enhance the students‟ motivation and outcomes learning. The purpose of this research is to know the effectiveness of puzzle game based MPPKB to the students‟ motivation and learning outcomes on the thematic interrogative learning in Grade IV of SDN Rejosari 03 Semarang.
The design of this study is use Pre Experimental Design that shaped One Group Pretest-Posttest Design. The population of this study were all students of SDN 03 Rejosari Semarang. The sample was students of class IV in SDN Rejosari 03 Semarang by using Purposive Sampling which consists of 29 students. The data in this study were obtained through tests, documentation, and questionnaire. The form is multiple choice test and the questionnaire contained five alternative answers.
The results of the research-puzzle game based MPPKB are the increase of students‟ motivation and learning outcomes. After calculated, provide the tcounted of motivation is 9.086 and the ttable is 2.048. Because the tcounted (9.086) >ttabel (2.048), it indicates that the t-test of the learning motivation is significant. Besides, the thitung of learning outcomes is 7.656 and the ttabel is 2.048. Because the thitung(7.656)>ttabel(2.048), it indicates that the t-test of the learning outcome is significant. In addition, based on the average of pretest and posttest motivation value showed that the average of students advance from 52.79 to 67.24 with the students‟ completeness percentage are 14.45%. In the other hand, based on the learning outcomes value of pretest and posttest showed that the students‟ value average were advance from 57.31 to 68.21 and the students‟ completeness percentage are 10.90%.
It can be concluded that Puzzle Game Based on MPPKB as learning media can be effective to the learning motivation and learning outcomes of Grade IV of Elementary School. Researcher suggests that this study can be applied by teachers in the school as a learning media that can improve the students‟ motivation and learning outcomes, for the learning objectives can be achieved.
Keywords: Puzzle Game, MPPKB, motivation and learning outcome