Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2015

Font Size: 
PENGARUH MEDIA PAPAN COCOK BERSUARA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA TEMPAT TINGGAL KELAS IV SD NEGERI CANDI 01 SEMARANG
Woro Dewandari, Mei Fita Asri Untari

Last modified: 2015-03-31

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perolehan hasil belajar siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditentukan, yakni 68. Siswa kelas IV terdiri dari 28 siswa dan hanya 12 siswa yang mencapai KKM, sedangkan 16 siswa masih di bawah KKM. Berdasarkan observasi hal ini dikarenakan guru belum mampu memilih dan menggunakan media yang cocok dan sesuai dengan materi yang akan dipelajari siswa. Selain itu, minimnya pemahaman dan daya serap terhadap konsep materi yang diberikan pada siswa, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh media Papan Cocok Bersuara terhadap hasil belajar siswa. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui  pengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan media Papan Cocok Bersuara.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian jenis one group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Candi 01 Semarang. Sampel penelitian diambil dengan tekniknonprobability sampling dengan jenis penelitian populasi atau sensus, yaitu menggunakan seluruh siswa kelas IV sebagai sampel berjumlah 28 siswa.

Penelitian ini diawali dengan uji validitas, reliabilitas, daya pembeda dan taraf kesukaran dari 40 soal menjadi 30 soal untuk kemudian diujikan pada kelas yang akan diteliti.Berdasarkan hasil analisis data penelitian didapatkan thitung sebesar 9,73, sedangkan ttabel pada taraf signifikasi 5 % adalah 2,048. Hal ini berarti thitung >ttabel. Dengan demikian berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh media Papan Cocok Bersuara terhadap hasil belajar siswa tema tempat tinggal Kelas IV SD Negeri Candi 01 Semarang”.

Saran yang dapat peneliti sampaikan adalahdalam pembelajaran hendaknya guru mampu menggunakan variasi media yang menarik, mampu menjadi fasilitator, motivator dan inovator, dan dengan menggunakan media papan cocok bersuara yang diterapkan kepada siswa di Sekolah Dasar akan memunculkan sikap keaktifan, kerjasama, dan keberaian. Sehingga berdampak pada hasil belajar yang diperoleh siswa.

Berdasarkan hasil penelitian maka Media Papan Cocok Bersuara dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang rendah.

 

Kata Kunci : Media Papan Cocok Bersuara, Hasil Belajar.

 

 

 

Abstract

This research is motivated by lower gains in student learning outcomes that do not meet the minimum completeness criteria (KKM) which has been determined, namely 68. Students in IV grade consists of 28 students and only 12 students who achieve KKM, while 16 students are still under KKM. Based on this observation because teachers have not been able to select and use appropriate media and in accordance with the material the students will learn. In addition, the lack of understanding and acceptance of the concept of the material provided to the students, so that adversely affects the student learning outcomes.

The problem in this study is whether there is the influence of the media on board Suitable Unmute student learning outcomes.Goals to be achieved in this study was to determine the effect on student learning outcomes using Voice Suitable media boards.

This research is a quantitative research study design type one group pretest and posttest. The population in this study is the fourth grade students of SD Negeri Candi 01 Semarang. Samples were taken with tekniknonprobability sampling with the type of research or the population census, which uses the entire fourth grade students as samples totaling 28 students.

This study begins with a test of validity, reliability, and level of difficulty distinguishing from about 40 to 30 questions and then tested in a class that will diteliti.Berdasarkan results of the analysis of research data obtained thitung 9,73, while ttabel at 5% significance level was 2,048 . This means that thitung> t table. Thus, it means Ha Ho accepted and rejected. It concluded that "there is the influence of the media boards Voice Suitable for student learning outcomes theme residence of SD Negeri Candi 01  grade IV Semarang. Suggestions to make is in the teachers' learning should be able to use a variety of media interest, capable of being a facilitator, motivator and innovator, and by using suitable media voiced board applied to students in elementary schools will bring liveliness attitude, cooperation, and keberaian. So the impact on student learning outcomes obtained. Based on the research results Suitable Voice Media Boards can be used as an alternative medium of learning in improving student learning outcomes are low.

Keywords: Media Board Suitable Unmute, Learning Outcomes.


Full Text: 390-400