Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2015

Font Size: 
PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF SISWA KELAS IV SD NEGERI MUKTIHARJO KIDUL 03 SEMARANG
Dhesi Retnosari

Last modified: 2015-03-31

Abstract


Dhesi Retnosari NPM 11120036 “Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas IV SD Negeri Muktiharjo Kidul 03 Semarang”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. UNIVERSITAS PGRI Semarang. Penelitian dilatar belakangi oleh pembelajaran berpusat pada guru, kurangnya penggunaan model, media pembelajaran, dan hasil belajar dibawah KKM 70. Tujuan yang ingin dicapai adalah menganalisis pengaruh model Discovery Learning yang memunculkan keaktifan, keberanian, dan kerjasama terhadap hasil belajar tematik kelas IV SD Negeri Muktiharjo Kidul 03 Semarang. Jenis penelitian adalah eksperimen kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas IV menggunakan teknik Sampling Jenuh. Data penelitian diperoleh melalui instrumen pilihan ganda dengan 25 butir soal menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan hasil analisis data terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar antara sebelum dan sesudah mendapat perlakuan. Rata-rata awal 63,5 meningkat menjadi 79,3 dan perhitungan uji t satu pihak kanan diperoleh thitung sebesar 9, 474 dengan nilai tertinggi 96, nilai terendah 56 dan nilai rata-rata kelas 79,3. Nilai distribusi t dengan α = 5% diperoleh ttabel sebesar 2,05. Kesimpulan adalah pembelajaran model Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar tematik integratif tema Cita- citaku subtema Hebatnya Cita- citaku kelas IV SD Negeri Muktiharjo Kidul 03 Semarang.

Kata kunci: Model Discovery Learning, Hasil Belajar


Full Text: 346-355