Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2015

Font Size: 
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUESTIONS FLAGPADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI BERDASARKAN POTENSI ALAM PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Yayuk Widyawati, Ben Suharno

Last modified: 2015-03-31

Abstract


Realita proses pembelajaran IPS masih kurang bervariasi sehingga hasil belajar siswa rendah. Maka perlu mendesain proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Questions Flag.Model pembelajaran Questions Flag adalah suatu model pengajaran yang konstruktif (membangun) pengetahuan anak dengan cara menemukan konsep sendiri berdasarkan pengalamannya dan interaksi yang baik melalui media kotak bendera bertanya sebagai media untuk menciptakan suasana pembelajaran yang bermakna, aktif, dan menyenangkan. Selain itu model pembelajaran Questions Flag dapat menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Dengan menggunakan model pembelajaran Questions Flag diharapkan dapat menciptakan keistimewaan belajar menuju bentuk perencanaan pengajaran yang akan melejitkan prestasi siswa. Dengan demikian model pembelajaran Questions Flag menjadi penting untuk diterapkan dalam proses pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi berdasarkan potensi alam.

 

Kata Kunci: kegiatan ekonomi, potensi alam, model pembelajaran questions flag.


Full Text: 136-139