Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2015

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA WAYANG KUPU-KUPU PADA PEMBELAJARAN TEMA PEDULI TERHADAP LINGKUNGAN SISWA KELAS IV SD
Niken Hestining Servanda, Fine Reffiane, Ikha Listyarini

Last modified: 2015-03-31

Abstract


Wayang merupakan salah satu media pembelajaran yang mampu memberikan informasi kepada penerima informasi. Memasukkan wayang dalam dunia pendidikan, khususnya di sekolah dasar akan memiliki dampak yang positif, bukan hanya mengenalkan variasi wayang kepada siswa. Tetapi untuk kepentingan pembelajaran itu sendiri. Hasil observasi di lapangan, menunjukkan bahwa anak sekolah dasar khususnya kelas IV, hanya dapat berkonsentrasi sepuluh hingga lima belas menit pada awal materi pembelajaran, sehingga untuk memusatkan perhatian siswa, guru harus dapat membuat media pembelajaran untuk menarik perhatian siswa. Dari masalah yang ada, maka peneliti ingin mengambangkan media pembelajaran Wayang Kupu-Kupu agar pembelajaran lebih menarik siswa. Metode penelitian ini menggunakan model Research and Development (R&D), yang lebih mengarah pada hasil produk jadi untuk digunakan secara nyata dalam pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini melalui beberapa tahapan yaitu: tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Wujud dari penelitian ini berupa media Wayang Kupu-Kupu dengan materi IPA, matematika, dan SBdP.

 

Kata Kunci: wayang kupu-kupu, media pembelajaran, hewan di lingkungan sekitar.

 

Abstract:

Puppet is a learning media to provide information to the communicant. Puppets in education, especially in elementary school will have a positive impact, not only introduces a variation puppet to students, but for the sake of learning. Result of observation, that student elementary school especially of fourth grade, their can concentrate ten to fifteen minutes of learning, so teachers must be able to make learning media to interesting of students. From that problem, the researcher wanted to to develop instructional media Wayang Kupu-Kupu for interesting of students. This research method using a model of Research and Development (R & D), which is more directed at the results of the finished product to be used real in learning. Research and development through some steps, such as: analysis, design, development, implementation, and evaluation. The realization of this research is a Wayang Kupu-Kupu with integration of science, mathematics, and SBdP.

 

Key Words: wayang kupu-Kupu, learning media, animals in the environment.


Full Text: 84-91